News Update :
KeluarJangan Lupa Klik Like Dan Follow ya!

Dapatkan info terbaru via Facebook. Silahkan klik LIKE / SUKA.

Powered By Blogger Widgets and Blogger Tutorials

silahkan tempatkan kode iklan atau banner atau teks atau apalah terserah kamu disini yah

Lagu

01 - Wrecking Ball - Miley Cyrus.swf 01 - Wrecking Ball - Miley Cyrus

Permainan Kartu Remie Di Indonesia (Sejarah, Turtorial, Rahasia, Cara Curang, dll)

Rabu, 13 Juni 2012




Sudah Tak asing Lagi Permainan isi sering didengan banyak orang di indonesia.
Passalnya, Sekarang Kartu Remie Banyak Dicari Orang Untuk Bermain lagi.
Padahal sedah lama orang tak pernah memainkan permainan ini lagi!!!!
Tapi, Sekarang kartu remie malah makin dikembangkan dengan adanya jenis dan cara baru memainkanya.
Disisi lain juga sekarang, Anak2 sekolah sering membawa Kartu Remie ke sekolahnya masing-masing.
Ada yang bermain dengan gurunya Adapun yg bermain dengan teman-temanya.
Mam tahu lebih banyak tentang Kartu Remie???
Mari Kita Bongkar satu per satu........................


Kartu permainan (bahasa Inggris: playing cards), atau lebih dikenal dengan kartu remi, adalah sekumpulan kartu seukuran tangan yang digunakan untuk permainan kartu. Kartu ini sering juga digunakan untuk hal-hal lain, seperti sulap, enkripsi, permainan papan, dan pembuatan rumah kartu. Kata “remi” itu sendiri sebenarnya adalah nama salah satu permainan kartu.
Ada 1001 macam permainan kartu. Setiap negara, bahkan wilayah suatu negara, memiliki jenis permainannya sendiri. Di Indonesia, akrab dengan istilah permainan “41”, “remi”, “cangkulan”, dsb. Namun, yang populer di banyak negara misalnya poker, canasta, blackjack, casino, solitaire, bridge, dengan jumlah pemain yang bisa berbeda-beda.
Solitaire dan bridge barangkali lebih familiar ketimbang yang lain. Solitaire, yang sudah dimainkan orang sejak ratusan tahun lalu - dan banyak jenisnya - itu dimainkan sendirian, terutama untuk mengisi waktu luang. Jangan heran kalau menjelang jam kerja berakhir di kantor-kantor, mudah dijumpai karyawan memainkannya di layar komputer pribadi (PC), bukan dengan kartu betulan. Maklum, solitaire menjadi program game standar yang di-install di PC.
Sedangkan bridge yang harus dimainkan oleh 4 orang - biasanya berpasangan - bahkan menjadi salah satu nomor andalan bagi tim Indonesia dalam dunia olahraga untuk meraih kemenangan dalam suatu turnamen bridge internasional.
Seperti kita kenal sekarang, satu pak kartu remi berisi 52 lembar. Dibagi menjadi 4 suit atau jenis kartu (Spade, Heart, Diamond, Club), masing-masing terdiri atas 13 kartu (dari As, 2, 3, dst. sampai King). Plus kartu tambahan berupa dua kartu joker, hitam dan merah.
Kapan dan siapa penemu kartu remi tidak diketahui secara pasti. Diduga embrionya berasal dari daratan Cina atau Hindustan (India) sekitar tahun 800. Bagaimana ceritanya sampai bisa masuk ke Eropa pun agak samar-samar. Mungkin dibawa oleh para pedagang, tentara, atau suku-suku nomaden. Yang jelas, jenis permainan kartu ini - entah datang dari Timur, Mesir, atau Arab - muncul di Italia kira-kira akhir tahun 1200-an. Setelah itu menyebar ke Jerman, Perancis, dan Spanyol.

SEJARAH

Sejumlah ahli sejarah menduga, kartu permainan itu hasil evolusi dari sejenis permainan catur yang dimainkan oleh para gembala di Asia Barat. Sambil menggembala, mereka bermain catur memakai kerikil. Ahli lain berpendapat, permainan kartu merupakan evolusi dari semacam upacara untuk berkomunikasi dengan para dewa. Empat batang tongkat atau anak panah yang sudah ditandai dengan empat simbol berbeda, dilemparkan ke atas altar. Tongkat mana yang jatuh, itulah yang diinterpretasikan sang pendeta sebagai titah dewa.
Kartu pertama di Eropa (Italia) disebut Kartu Tarot (tarrochi) atau tablet nasib karena bentuknya seperti tablet, dan digunakan antara lain untuk meramal nasib. Tarot tertua berasal dari tahun 1470 di Lombardy. Satu setnya terdiri dari 50 kartu, dibagi menjadi 5 kelompok masing-masing 10 kartu. Pada permukaannya terukir tema-tema alegori atau mitologi tentang berbagai aspek kehidupan seperti ilmu, seni, planet, dsb.
Tarot terus berevolusi. Tarot Venetia jumlahnya 78 kartu, termasuk sebuah kartu - namanya il matto (si pandir) - yang diduga sebagai cikal-bakalnya joker modern.
Dulu kartu permainan terbatas dinikmati kaum borjuis atau bangsawan mengingat harganya mahal karena masih buatan tangan dan gambarnya hasil lukisan. Setelah sistem cetak dengan kayu ditemukan, kartu menjangkau masyarakat ramai. Produksi makin meningkat setelah ditemukan teknik cetak dengan plat tembaga. Ditemukannya proses reproduksi warna dengan teknik litografi di awal 1800-an makin mendorong munculnya kartu-kartu cantik dari Jerman, Italia, dan Perancis.
Sejarah tidak mencatat siapa sebenarnya sosok Jack, Queen, dan King pada kartu modern. Namun tokoh pada kartu-kartu sebelumnya terus berganti dari waktu ke waktu. Pada kartu tua dari Italia dan Spanyol, keempat kartu King-nya menggambarkan para raja dari kerajaan besar dunia Abad Pertengahan. Lalu ketika Raja Henry III dari Perancis naik tahta, kostum para bangsawan pada kartu berubah mengikuti mode di zaman itu.

Cara Bermain Kartu Remie 
Cara Bermain Kartu Remie Ada Bermacam-macam Contohnya


1. Cangkulan
2. 41
3. Jurigan (Hantu)
4. Blackjack
5. Kartu Panggilan
6. dst.


Misteri Kartu Remi (Playing Card)

Playing Card, Kartu Remi, Chapxa, atau apapun Anda menyebutnya, adalah sebuah(satu set maksudnya) jenis kartu yang telah lama dikenal dari kalangan anak-anak hingga kakek-nenek,. Kartu ini biasa digunakan untuk permainan dengan pemain lebih dari satu dengan seni perhitungan, logika, keberuntungan dan lain sebagainya,. Banyak sekli jenis permainan yang dapat dilakukan dengan satu set kartu ini,. Bahkan pesulap juga main ginian,. (Ya iyalah pake kartu remi, masa kartu perdana?),. Yah, pokoknya gitu deh, satu set jumlahnya 52 kartu (tanpa joker) dengan 4 buah jenis lambang (saya menyebutnya kerajaan) dan dua jenis warna (hitam dan merah),. Setiap lambang memiliki 13 jenis kartu dengan urutan dan tingkatan tertentu diurut dari kartu As/Ace(1), kartu satu, kartu 2, kartu 3, dst sampai sepuluh, kemudian dilanjutkan dengan Jack (J), Queen (Q), dan King (K). Tiga kartu terakhir merupakan kartu bergambar khusus yang menandakan atribut kerajaan yaitu Pangeran(Panglima atau apalah,.), Ratu, dan Raja,. Banyak versi yang berbeda mengenai hal itu, ada yang menyebut Q adalah perdana menteri, ada yang J lah yang perdana menteri dan lainnya,.
Lalu, apa menariknya?,
Pertanyaan dari saya,. Apakah semua yang saya sebutkan diatas itu Anda sudah tahu?, Jika belum, maka itu adalah informasi untuk Anda, dan jika Anda sudah tahu, maka mungkin tulisan selanjutnya lah yang akan menarik bagi Anda,.
Misteri Kartu Remi (Playing Card)
Dari artikel yang saya dapat, asal mula kartu remi masih menjadi tanda tanya,. Disebutkan bahwa kemungkinan berasal dari Timur, Mesir atau Arab, dan muncul sekitar akhir tahun 1200-an dalam bentuk kartu Tarot/Taroochi di Italia yang kemudian menyebar ke Jerman, Perancis, dan Spanyol.
Hal menarik yang pertama dari kartu remi adalah mengenai jumlah, jenis, warna, dan bentuk gambarnya,. Entah Anda percaya atau tidak namun kalau kita hitung jumlahnya, satu set kartu berjumlah 52, dan jumlah minggu dalam setahun adalah 52 juga, kebetulan mungkin ya?, tapi kalau dibuat hubunfnnya, maka 52 berjumlah 2 digit yang bila dijumlahkan (5+2) maka hasilnya 7, (jumlah hari dalam seminggu,.)
Ah, kebetulan juga,.
Ok, selanjutnya, karena pada umumnya orang mengetahui kartu remi berasal dari barat, Inggris,. Maka dilihat dari segi itu, di Inggris ada 4 musim dan hubungannya dengan jenis kartunya juga ada 4,. Menurut sumber Jenis kartu Spade(hati hitam) mewakili musim dingin, Heart(hati merah) mewakili musim gugur, Diamond(bata/segiempat merah) mewakili musim semi, dan Club(keriting/semanggi hitam) mewakili musim gugur,.
Anggaplah itu masih dalam kategori “kebetulan”,. Namun dalam satu musim, memiliki 13 minggu, dan dalam satu jenis kartu, juga memiliki 13 tingkatan kartu juga kan?, Kebetulan lainnya adalah 4 jenis kartu dianalogikan sebagai 4 penjuru mata angin,.
Mengada-ada ah!,.
Bagaimana kalau ini,. dalam satu set kartu jika dijumlahkan semua angkanya, (as=1, J=11, Q=12, dan K=13), maka hasilnya adalah 364! jumlah hari dalam setahun,. Masih belum cukup?, Jenis lambang kartu remi berjumlah 4 yaitu melambangkan periode tahun kabisat yang 4 tahun sekali,. Dan jika ditambah 1 joker, maka jumlahnya 365, sama dengan jumlah hari ketika tahun kabisat (yang bulan Februarinya tanggalnya ada 29 itu looh,.) Menurut saya, mungkin ini menjelaskan kenapa ketika bermain kartu remi, joker adalah kartu spesial (bisa aja dipake, bisa nggak dipake) dan tidak memiliki nilai (misterius gitu deh, hehe!)
Hmmm, oke2, lumayan, tapi itu sih masih kategori dibuat-buat meskipun agak logis, dikit sih,.
Masih skeptik?,
Perhatikan ini,.
Dalam satu tahun ada 52 minggu kan?, dan angka 52 itu sama dengan jumlah kartu remi dalam satu set kan?,
Ternyata angka 52 tersebut juga merupakan jumlah huruf pada jenis kartu remi dalam satu macam simbol,. Dan uniknya, penamaan tersebut berlaku dalam empat bahasa,. Daripada bingung langsung saja contohnya:
Dalam bahasa Inggris:
ace, two, three, four, five, six, seven, eight, nine, ten, jack, queen, king
coba hitung jumlah hurufnya, maka Anda akan menemukan angka 52!,
Hal tersebut juga berlaku pada bahasa Belanda, Jerman, dan Perancis,.
Dalam Bahasa Belanda:
as, twee, drie, vier, vijf, zes, seven, acht, negen, tien, boer, vrouw, heer
Dalam bahasa Jerman:
as, zwei, drei, fünf, sechs, sieben, acht, neun, zehn, bube, dame, könig
Dalam bahasa Perancis:
as, deux, trois, quatre, cing, six, sept, huit, neuf, dix, valet, reine, roi
silahkan dihitung, boleh percaya, boleh tidak,.
Dari sumber yang saya dapat diatas, katanya setiap lambang itu mewakili 4 pilar di zaman pertengahan yaitu:
Spade mewakili militer, Heart mewakili gereja, Diamond mewakili perdagangan, Club mewakili agrikultur,. Jadi semacam kasta gitu deh,. Dan kalau Anda tahu berbagai permainan kartu remi, Anda pasti tahu kalau diantara keempat lambang tersebut yang memiliki nilai paling tinggi adalah Spades, mungkin memang seperti itu urutan kastanya,.
Katanya, setiap gambar di kartu kerajaan itu juga mewakili tokoh-tokoh sejarah juga lo,.
Misalnya King pada lambang Spade mewakili King David yaitu Raja Israel, King Heart adalah Charlemagne yaitu pendiri The Holy Roman Empire, King Diamond adalah Julius Caesar the Great Dictator of Rome, sedangkan King Club adalah Alexander the Great yang merupakan Jenderal Macedonia,. Kalau nggak tahu, langsung saja ke Wikipedia, hehehehe!,
Oh iya, ada sedikit(sebenarnya banyak) keanehan atau kejanggalan yang mungkin kadang disepelekan atau tidak diperhatikan sama sekali,. Mungkin juga Anda tidak menyadarinya,.
Kalau Anda punya set kartu remi, silahkan ambil semua kartu King, Queen, dan Jack,. lalu tata keduabelas kartu tersebut untuk dibandingkan,. Kemudian perhatikan satu per satu, maka Anda akan menemukan:
King Spade adalah satu-satunya King yang melihat ke arah kanan,.
Rata-rata gambar tersebut menghadap ke kiri kecuali Kerajaan Spade yang menghadap kanan semua, dan Jack Club adalah satu-satunya kartu selain Spade yang menghadap ke kanan (menurut saya Jack Club ini pembelot)
Diantara semua kartu, hanya King Diamond, Jack Spade, dan Jack Heart yang kelihatan satu sisi mukanya saja (hanya terlihat satu matanya)
Semua King membawa senjata dan King Heart adalah satu-satunya King yang mengarahkan senjatanya ke kepalanya sendiri,.
Perhatikan semua Queen, semuanya membawa bunga, tapi Queen Spade adalah satu-satunya Queen yang membawa tongkat juga,.
Semua King berkumis kecuali King Heart
Jack Spade adalah satu-satunya Jack yang bersenjata tumpul
King Heart adalah satu-satunya kartu yang terlihat kedua tangannya (kalo dibolak-balik atas bawah ya jadinya 4 tangan)
Perhatikan mahkota yang dipakai semua kartu,. Mahkota King seragam, mahkota Queen seragam, dan mahkota Jack seragam,. Tapi ornamen mahkota semua King dan Queen ada lambang Club-nya (atau itu ornamen bunga?),.
Silahkan Anda cari kejanggalan-kejanggalan lainnya, dan mengenai itu masih belum diketahui alasan kenapa kejanggalan tersebut ada dan berlaku di semua set kartu remi (sejauh ini semua set kartu remi yang saya temui seperti itu)
Ternyata memang banyak misteri di dunia ini bahkan dari kartu remi yang kita mainkan sehari-hari tanpa kita menyadarinya,.
Apalagi kalau kita melihat diri sendiri, sangat banyak misteri dalam tubuh kita, lingkungan, bumi, alam semesta, dan lainnya,. Semua itu adalah alasan yang kuat agar kita semua bertaqwa,.
Salah khilaf, lebih kurang, mohon dimaafkan,.

 

 
Share this Article on :

2 komentar:

Poskan Komentar

Signature

Tertanda,
Dewanji Wilajayangga

Jiez Share Comunity - Sharing Is Fun
Perum Situ gede
Jalan Anggrek Blok B-263
085223462560
dewanji_tsm@yahoo.com
http://jiez-ultimate.blogspot.com

IP Cheker

Sign by Danasoft - Get Your Sign

Mengenai Saya

Foto Saya
Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia
Saya adalah orang yang suka berbagi dan suka memberi kebahagiaan pada setiap orang dan sayapun sedang mencari teman
 

© Copyright Jiez Share | Ultimate Sharing System 2010 | Design by Dewanji Wilajayangga | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.