DJ%20Jiez
News Update :
KeluarJangan Lupa Klik Like Dan Follow ya!

Dapatkan info terbaru via Facebook. Silahkan klik LIKE / SUKA.

Powered By Blogger Widgets and Blogger Tutorials

Lagu

Radio Box

Free Shoutcast HostingRadio Stream Hosting

F.U.N Radio Player

Free Shoutcast HostingRadio Stream Hosting

Tips aman membackup template sekaligus widget blog

Minggu, 22 April 2012


  Tips blogging kali ini yaitu seputar perlunya membackup template blog sekaligus dengan widget-widgetnya. Hal ini sangat penting terutama bagi anda yang sering mengutak-atik template atau senang berganti-ganti template.

Blogger sendiri menyediakan fasilitas untuk melakukan backup template ini yaitu dengan cara mendownload full template pada menu Layout-Edit HTML. Tapi cara ini sebetulnya masih kurang aman karena hanya dapat membackup struktur dari template tanpa membackup widget-widgetnya.

Lalu adakah cara aman untuk membackup template blog ini? Tentu saja ada, dan saya akan memberikan tipsnya. Sebetulnya saya menulis hal ini berdasarkan kejadian-kejadian yang saya maupun blogger-blogger lain alami yaitu adakalanya tiba-tiba tampilan blog kita hancur atau widget-widget hilang entah kemana. Biasanya ini terjadi setelah kita memodifikasi kode-kode HTML blog ataupun setelah melakukan penggantian template blog.

Ada dua cara yang menurut saya ampuh dan paling aman untuk membackup template blog yaitu dengan membuat duplikat blog asli kita atau secara manual membackup kode-kode widget dan template.

Membuat duplikat blog
Caranya buatlah sebuah blog baru dengan template dan widget sama persis dengan blog asli kita, jadi seolah-olah kita memiliki blog cadangan. Anda tentu saja tidak perlu mempublikasikan blog duplikat ini karena hanya untuk membackup saja. Anda juga tidak perlu membuat artikel, karena yang anda butuhkan hanyalah template dan widgetnya. Jadi jika sewaktu-waktu blog anda rusak anda masih punya salinan aslinya.

Menyimpan kode HTML template dan widget secara manual
Caranya anda cukup membuat salinan dari kode-kode widget dan template anda cukup dengan Notepad lalu simpan pada satu folder khusus. Lakukan backup ini secara berkala sesuai dengan perubahan-perubahan yang anda lakukan pada blog anda. Untuk membackup kode HTML blog caranya pada Dashboard klik Layout-Edit HTML lalu centang pada Expand template widget dan copy seluruh kode lalu simpan dengan notepad. Sedangkan untuk membackup widget, caranya pada Dashboard klik Layout-Page Elements dan klik Edit pada widget yang akan anda backup dan copy seluruh kodenya lalu simpan dengan menggunakan notepad. Lakukan pada semua widget atau gadget anda kecuali widget bawaan Blogger yang tidak memiliki kode-kode HTML.
Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

Signature

Tertanda,
Dewanji Wilajayangga

Jiez Share Comunity - Sharing Is Fun
Perum Situ gede
Jalan Anggrek Blok B-263
085223462560
dewanji_tsm@yahoo.com
http://jiez-ultimate.blogspot.com

IP Cheker

Sign by Danasoft - Get Your Sign

Mengenai Saya

Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia
 

© Copyright Jiez Share | Ultimate Sharing System 2010 | Design by Dewanji Wilajayangga | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.